Sunset Shimmer
Jenis Unikorn
Manusia
Kelamin Perempuan
Kediaman Equestria (dahulunya, di episode The Fall of Sunset Shimmer)
Dunia manusia
Pekerjaan Murid di SMA Canterlot
Gitaris ritme The Rainbooms sekaligus vokal pendukung
Koki sushi
Graffito
Murid Putri Celestia (saat My Little Pony Equestria Girls: Forgotten Friendship)
Info lebih lanjut
Mata Sian sedang
Sian sedang dan Hitam sklera (sebagai iblis)
Rambut Vivid crimson with brilliant yellow stripes (Equestria Girls, Rainbow Rocks, and Summertime shorts)
Brilliant amaranth with light apple green stripes (Rainbow Rocks encore shorts onward)
Mantel Light brilliant amber
Light amber (human)
Brilliant crimson (demon)
Nama lain Daydream Shimmer, SunShim, SNZT SHMR, Flanksy, Sunset Reginald Shimmer
Tanda bakat
Tanda Bakat Sunset Shimmer.png
Suara Rebecca Shoichet (Bahasa Inggris)

Sunset Shimmer adalah siswa Canterlot High School dan bekas tokoh antagonis dari My Little Pony Equestria Girls: The Movie yang kemudian menjadi tokoh protagonis pada seri-seri berikutnya. Dia termasuk anggota dari Mane 7, sebuah istilah tidak resmi dari penggemar untuk mengidentifikasi tujuh karakter utama. Selain itu, Sunset Shimmer adalah anggota band The Rainbooms dan berkontribusi sebagai seorang gitaris, dan vokalis pendukung. Di Equestria, dia adalah mantan murid Putri Celestia. Nama elemennya tidak diketahui dengan pasti. Beberapa versi menyatakan bahwa dia mewakili elemen empati, sedangkan yang lainnya menyebutkan bahwa elemennya adalah pembebasan dan juga pegampunan.

Pengembangan dan desain

Gambar manusia Sunset Shimmer yang muncul di bagian belakang kemasan boneka Equestria Girls Sunset Shimmer & Twilight Sparkle telah diposting online pada pertengahan Maret 2013.

Pada 19 Maret 2013, Meghan McCarthy ditanyai "Apakah Sunset Shimmer akan menjadi alur cerita Musim 4? Fakta bahwa cerita latarnya tampak seperti plot pertunjukan" dan dia menjawab "Tidak". [1] Pada tanggal 1 April 2013, McCarthy menulis sebagai bagian dari lelucon April Mop bahwa Friendship is Magic season empat episode lima akan berjudul "Siswa Menjadi Guru: Kembalinya Sunset Shimmer". [2]

Pada awal April 2015, Ishi Rudell menyatakan bahwa penampilan seperti phoenix Sunset Shimmer di akhir My Past is Not Today adalah metafora visual [3][4] dan bahwa "rambutnya lebih cerah ... Kami ingin memberi warna pada warnanya intensitasnya sedikit menurun dengan desain pakaian barunya. " [5] Pada awal Mei 2015, Rudell menyatakan bahwa "residensi Sunset Shimmers telah dibahas ... Mungkin suatu saat akan terungkap." [6]

Penggambaran dalam Equestria Girls

My Little Pony: Equestria Girls

Sunset Shimmer pertama kali muncul sebagai karakter antagonis utama dalam My Little Pony: Equestria Girls. Dia mencuri mahkota elemen sihir Twilight Sparkle dan selama pengejarannya dengan Twilight, mahkota tersebut dilemparkan ke dalam Cermin Kristal yang berfungsi sebagai portal ke dunia lain. Dia kemudian mengikuti mahkotanya tak lama setelah itu.

Putri Celestia mengungkapkan bahwa Sunset adalah mantan muridnya yang memulai studinya tidak lama sebelum Twilight melakukannya. Namun, ketika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya secepat yang dia inginkan, dia menjadi kejam dan tidak jujur. Dia akhirnya meninggalkan studinya untuk mengejar jalannya sendiri. Di dunia lain ini, Sunset telah hidup sebagai manusia dan siswa di SMA Canterlot selama beberapa waktu. Dia menemukan bahwa Fluttershy menemukan mahkota itu dan menyerahkannya kepada Kepala Sekolah Celestia, yang membuat Sunset jengkel.

Setelah mengetahui bahwa Twilight akan bersaing melawannya untuk mendapatkan gelar Putri Pesta Musim Gugur, Sunset menggunakan berbagai cara untuk menghalangi dan mempermalukan Twilight. Dia memerintahkan Snips dan Snails untuk merekam video memalukan dari Twilight yang tengah berjuang untuk membiasakan diri dengan dunia manusia dan merilis video tersebut secara online. Dia juga merekayasa beberapa foto untuk membingkai citra Twilight karena merusak dekorasi dansa. Tetapi teman-teman Twilight membantu melawan cara-cara ini dengan meningkatkan reputasi Twilight, dan Flash Sentry, mantan pacar Sunset Shimmer, membantu membuktikan bahwa Twilight tidak bersalah.

Di Pesta Musim Gugur, ketika Twilight telah bergelar putri dan diberi mahkota, Sunset memerintahkan Snips dan Snails menculik Spike dan mengancam akan menghancurkan portal ke Equestria kecuali Twilight memberinya mahkota. Twilight menolak untuk menyerahkan mahkota, dan menyatakan bahwa dia terjebak di dunia manusia akan lebih bernilai untuk menghentikan Sunset. Saat teman-teman Twilight memuji keberanian dan pengorbanannya, Sunset membentak dan menyerangnya. Meskipun Twilight dan teman-temannya berupaya untuk mempertahankan mahkota, Sunset berhasil mendapatkan mahkota dan memakainya, dan aura sihir gelap mengubah dia menjadi setan. Dengan kekuatan barunya, Sunset mengubah Snips dan Snail menjadi setan dan mencuci otak siswa lain di sekolah. Dia mengungkapkan bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk menghancurkan portal dan berencana untuk menyerang dan menaklukkan Equestria dengan pasukan remaja.

Twilight mampu membangkitkan kekuatan Elemen Harmoni ketika teman-temannya bergerak untuk melindunginya dari serangan Sunset Shimmer. Di saat mereka memiliki karakteristik kemiripan poni, mereka menggunakan sihir persahabatan untuk mengalahkan Sunset Shimmer dan mengembalikan Snips, Snails, dan sisa siswa lainnya menjadi normal.

Ketika semua orang pulih, Sunset pun menangis dan meminta maaf kepada semua orang yang telah dia sakiti. Dia mengaku tidak tahu apa-apa tentang persahabatan, yang menurut Twilight serta teman-temannya dapat mengajarinya. Sunset, Snips, dan Siput kemudian ditugaskan oleh Wakil Kepala Sekolah Luna untuk membangun kembali bagian sekolah yang telah mereka hancurkan selama mereka berulah.

Karakter utama
Karakter pendukung
Karakter lain